30 Mei 2008

menjadi manusia pembelajar (on becoming a learner)



Judul : Menjadi Manusia Pembelajar (On Becoming A Learner)
Penulis : Andrias Harefa
Penerbit : Kompas
Cetakan : Cetakan VII, April 2004

Ini buku penting untuk menjadi independen dalam tanggung jawab kemanusiaan. Andrias Harefa mengungkapkannya dengan cara yang menyenangkan tanpa menggurui. Tanggung jawab pertama manusia adalah pertama-tama menjadi dirinya sendiri. Yang kedua adalah menjadi pemimpin, paling tidak memimpin dirinya sendiri dan bukan pemimpin dalam arti jabatan. Dan yang terakhir adalah menjadi seorang guru. Yang membantu orang-orang lain untuk menjadi diri mereka sendiri.

Ini buku yang paling bagus dari buku-buku Andrias Harefa yang pernah aku baca, misalnya Sekolah Itu Tidak Pernah Cukup. Kalau di buku itu, kita cuman diajarkan untuk memulai usaha dan bukannya menjadi tergantung terhadap orang lain kalau jadi karyawan. Yah, hampir sama seperti Robert T Kiyosaki yang Poor Dad Rich Dad.

Buku ini lebih kepada pengembangan diri dan kewajiban dan tanggungjawab karena telah dilahirkan sebagai seorang manusia. Di buku ini juga kita dapet banyak referensi buku-buku bagus yang penulisnya baca dan nama-nama orang-orang yang dianggapnya hebat untuk kita pelajari pemikiran mereka. Lumayan banget lah.

Tapi sama seperti kuliah, apa yang kita dapatkan dalam buku ini, kalau tidak dikembangkan sendiri sesuai cara kita masing-masing dan dengan rajin menekuni tiap ide yang disampaikan, sama aja buku ini tidak membawa pengaruh apa-apa kecuali kekaguman.

Menurutku, ini buku pegangan wajib bagi orang-orang yang sedang merintis kedewasaannya ataupun bagi yang merasa sudah cukup dewasa sebagai manusia.
Makasi mas Firman karena udah ngereferensiin buku ini tiga setengah tahun yang lalu. Proses yang aku lalui ternyata begitu panjang. Ahya, berproses menjadi sampai mati nanti.

1 komentar:

adhi yuwana mengatakan...

buku yang aku kasih ke guru matematikaku waktu kelas 2.. sebagai simbol kritikku sama dia karena gaya ngajarnya yang kuno